Minta izin dulu dengan Cikgu Dee, yaaa...:))

Monday 16 July 2012

PEPERIKSAAN!

Waktu yg tersisa malam ini, teringin tuliskan tentang kisah semalam, hari-hari ku bersama rona wajah ceria anak-anakku (murid) yang selalu menghadirkan warna indah pelangi, kala mendung menggelayut di sudut hati.

Ya, hari yang dinamis, minggu-nya EXAM, soo.. setiap perjumpaan akan ku sapa mereka dengan kalimat :" Bagaimana ujian hari ini?? Senang ke? atau....??" Masing-masing akan berkisah tentang 'hari' nya, ada yang langsung menjawab dengan wajah polosnya : "Senangg jee, Cik Gu!". Semua soalan boleh saya jawab.

Pun, ada yang masih harus berfikir ketika kubertanya demikian, hingga keluar kata :
"Bahasa Arab jee yang saya tak paham!"

Sedang, dihari berikutnya, wajah-wajah 'pelangi' itu hadir kembali, tentunya dengan beragam cerita menarik, hingga terdengar kasak kusuk di belakang, ternyata mereka mempertanyakan erti dari Surah Al Fatihah. Semua terdengar komplen, karena Cik Gu di Sekolah Agama mereka tak sempat menjelaskan dan mereka menjadi gagap dalam menjawab soalan, heehe... lucunya melihat wajah-wajah itu merasa kecewa, dan bercerita!

Dihari yang lain, pada suasana pagi, muridku yang lain, dengan santainya menjawab : "Saya bantai semua, Cik Gu!"
Hah? Bantai? :D Wah, ternyata macam-macam cara mereka menghadapi berbagai soalan ujian itu. Ada yang seriuss, santaii, bahkan sangat cuek! ^_^

Ohh, anak-anak ku..seandainya kalian tahu tentang keutamaan mencari ILMU.

Tentang bagaimana derajat orang-orang yg berilmu disisi dan dalam pandangan Allah?!

Aku kembali tersenyum mengenang kebersamaan mereka selama seminggu 'Demam Ujian' ini.

Sungguh, ujian dalam dalam kehidupan ini pun lebih besar lagi, derajat Taqwa hanya akan didapat setelah kita diuji, tinggal bagaimana kita mempersiapkan bekal (ILMU) tuk menghadapi segala 'benturan-benturan' kehidupan (UJIAN).
Maka, Kita diajak untuk saling berkompetisi, yakni dengan Fastabikhul Khoirot (Berlomba-lomba di dalam kebaikan), tentunya dengan semangat Man Jada Wa Jadda, dan Ahsanu 'Amala (sebaik-baiknya amal).wallahu'allam






Subhanallah...
Esok pagi, kan kujumpai wajah-wajah 'pelangi' itu, wajah-wajah pengobat hati-ku..InsyaAllah

~Cikgu Dee~
Semenanjung Malaysia
March 2012

No comments:

Post a Comment