Minta izin dulu dengan Cikgu Dee, yaaa...:))

Saturday 14 July 2012

Bersahabat dengan HUJAN!


Bismillah,

"Allah turunkan hujan
Dari gumpalan awan
Dari langit yang tinggi
Membasahi seluruh bumi"







Ini adalah sebait syair ciptaan Bunda Neno Warisman.
Masa itu usia saya masih belasan tahun.
Saya sampai hafal semua nasyid dalam satu kaset 'Bintang Aulade" itu! :D

Dan, saat ini. Syair nasyid HUJAN yang bilingual.
Saya jadikan ke dalam kurikulum pada aktiviti anak-anak di Rumah Baca(Rumba)Zul Aisar, cabang Malaysia.

Didalamnya terkandung pesan-pesan yang baik.
Mengingat akan kejadian Hujan, menginggat Allah yang Maha Mencipta!
Sekaligus belajar bahasa Inggris dengan riang gembira.
Alhamdulillah, pertama kali saya 'lahir' kan kurikulum tentang HUJAN.
Sudah banyak yang mereka pahami.
Dimulai bacaan do'a ketika HUJAN turun :

Allahumma Shoyyiban Naafi'an.

Kemudian berDONGENG, menceritakan proses terjadinya hujan turun.
Kenapa harus ber DONGENG??
Bukan berarti berdongeng harus cerita yang dibuat-buat/cerita bohong/khayalan,
melainkan metode nya  yang saya pakai.  Jadi, ketika saya tuturkan proses hujan turun,
suara dan gerak tubuh saya juga ikut 'menuturkan', selain memberi mereka ilmu,
cara seperti ini mudah dipahami dan sangat menghibur! ^_^

~Cikgu Dee'81
 Semenanjung Malaysia.

No comments:

Post a Comment